Rakyat dan Kenaikan BBM

15 05 2008

Pemerintah nampaknya sudah tidak lagi mampu menanggung beban harga minyak dunia yang terus melambung, kebijakan yang diambil sangat mudah ditebak yakni menaikkan harga BBM, simple dan mudah dilaksanakan , tak perlu pandai dan tidak butuh kearifan.

Korban kebijakan itu sudah sangat jelas adalah rakyat miskin, bagi orang yang kaya dinaikkan berapa saja harga BBM tidak ada masalah, mobil tetap mewah dgn enak menelusuri jalan ditengah kota, bahkan kalau perlu naik ke gunung yang tinggi, semuanya tidak ada masalah. Bagaimana dengan yang miskin atau menjelang miskin, saya kira mereka akan terperosok lebih dalam ke kantong kemiskinan dan nampaknya akan sulit untuk ditarik keluar dari kantong itu, semboyannya menjadi sekali miskin tetap miskin. Salah sendiri kok miskin, siapa suruh menjadi miskin mungkin itu kilah pejabat. Kantong itu dapat diperkirakan semakin lama tidak akan mengempis tetapi malah menggembung, suatu ironi di negara yang kaya raya sumber daya alam ini.

Dalam rangka menahan lajunya penggembungan kantong kemiskinan pemerintah akan menyalurkan dana bantuan berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang pada tahun 2005 besarnya Rp. 100.000,- dibayarkan 3 bulan sekali, selama satu tahun. mungkin pada tahun 2008 jumlah itu harus dinaikkan tidak memadai lagi. Bantuain itu saya pikir tidak menjadi solusi, hanya sekedar menahan penerima BLT tetap dalam kondisi miskin tidak sampai menjadi sangat sangat miskin, belum lagi masalah distribusinya yang tidak samapai pada sasaran. Padahal data yang sama akan digunkan pada tahun 2008, sangat tidak siap.

Bagaimana dengan mereka yang menjelang miskin , saya pikir akan mereka akan jatuh pada kantong kemiskinan sehingga jumlah mereka yang miskin akan menjadi sangat besar,

Hai kemana saja minyak bumi ku yang melimpah ruah itu, kenapa minyak tanah, elpiji, menjadi barang yang mewah saat ini nasib..nasib/.

Pe


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: